Minggu, 07 Desember 2014

Master of Ceremony (MC)

Pelatihan Master of Ceremony
by Raden Muhammad Ali

Pengantar
Profesi Pembawa Acara atau MC (Master of Ceremony) kini telah banyak menarik minat banyak orang. Banyak orang terkenal, sukse, dan kaya melalui profesi ini. Atau sebaliknya, setelah seseorang sukses, terkenal, kemudian ia menjadi pembawa acara.
      *note : MC tidak sama persis dengan protokoler

Macam-macam Public Speaking :
  • MC (Master of Ceremony)
  • Pidato
  • Ceramah
  • Khutbah 
  • Sambutan
  • Orasi 
  • Kampanye
  • Presentasi 
  • Mengajar, dll

Syarat-syarat pokok menjadi MC
  1. Berpenampilan menarik -sesuai dengan jiwa acara
  2. Memiliki rasa percaya diri yang tinggi
  3. Memiliki kemampuan berbahasa yang baik dan benar
  4. Memiliki warna suara yang berkarakter, mikrofonis, dan olah vokal yang baik
  5. Berpengetahuan luas
  6. Berjiwa periang, sense of humor, dan pergerakan tubuh yang mengesankan
  7. Memiliki pengetahuan tentang men-design acara serta protokoler

Suara sebagai kekuatan komunikasi
  • Suara sebagai modal utama
  • Suara yang baik juga harus didukung oleh teknik pernapasan dan olah vokal yang baik
  • Kualitas suara yang baik akan menjadi nilai tambah bagi kesuksesan sebagai pembawa acara
Teknik pernapasan dan olah vokal
  1. Senam pernapasan
  2. Olah perangkat bicara: elastisitas gerak, pengendalian alat bicara
  3. Suara diafragma. Suara dengan diafragma memiliki kekuatan 4 kali lebih. ----- Latihan lilin
Tugas seorang pembawa acara
1. Membuka acara
     Ketika diberi isyarat oleh petugas protokol, Pembawa acara (PA) siap membuka, dimulai dengan salam pembuka dan sapaan penghormatan kepada tamu kehormatan serta hadirin
2. Memandu acara
3. Menutup acara

Contoh Salam Pembuka
  • Assalamu'alaikum Wr. Wb
  • Alhamdulillahirabbil'alamiin. Washalatatu wassalamu 'alaa asyrafil anbiyaa'i wal mursaliin wa 'alaa aalihi wa ashaabihii ajma'in.
Bisa ditambah .. (Qur'an dan Hadits)
  • Qoolallhu fil qur'anil kariim. A'uudzubillahi min asysyaithanirrajiim Bismillahir rahmaanir rahiim Lainsyakartum laaziidannakum walainkafartum, inna 'adzabii lasyadiid
  •   Wa qaala Rasulullahu shallallu'alihii wa sallam..
Salam penghormatan
  • Yang terhormat, Rektor Universitas Ahmad Dahlan
  • Yang kami muliakan... (biasa.a u/ ust)
  • Yang kamu banggakan... (u/ teman, pemuda pemudi)
  •  Yang kami cintai...
  • Bapak/ Ibu, para tamu undangan
note : (Salam penghormatan, dari yang paling tinggi jabatannya

Kalimat yang salah dan sering digunakan
  • Menginjak acara selanjutnya.. (emang acara.a diinjak2 ?)
  • Tibalah kita pada acara yang dinanti-nantikan (jika ada pejabat, bisa jadi ia tersinggung)
  • Mike kami serahkan kepada pembawa acara hiburan. (emang estafet ?)
  • Waktu dan tempat kami persilahkan
  •  Untuk menyingkat waktu
dan sebaiknya kata yang digunakan seperti :
  • Memasuki acara selanjutnya
  • Acara kami serahkan kepada MC selanjutnya
  • ..... (nama) kami persilahkan
  • Untuk mengefektifkan waktu
Hal-hal yang perlu dipersiapkan oleh Pembawa Acara (MC)
  1. Mengenal bentuk acara yang akan dipandu. 
  2. Berkoordinasi dengan bagian protokol untuk mendapatkan nama-nama orang penting yang akan hadir dan mengisi acara
  3. Jika ada atraksi, dll. PA melengkapi diri dengan data sebanyak mungkin tentang atraksi tsb
  4. Hadir dalam gladi untuk lebih mengenal karakter acara, tempat, sound system,dll.
  5. Memakai busana yang sesuai dengan karakter acara
Persiapan ahir menjelang bertugas sebagai Pembawa Acara
  1. Ketika menerima tertib acara, perhatikan susunannya, susun redaksi kalimat pembuka,dst. Tulis pada kertas khusus agar lebih menarik jika menggunakan kertas berwarna
  2. Hadir lebih awal untuk mengantisipasi jika terjadi perubahan
  3. Mengecek kembali sound, minta jika perlu diubah
  4. Yakinkan tidak akan "ke belakang" selama acara berlangsung
  5. Bawalah cermin saku, sisir dan peralatan khusus pribadi yang dibutuhkan
Jenis mike dan cara memegangnya
  • Unidirection (melingkar)
  • Bidirection (samping kiri dan kanan)
  • Cardiode (berbentuk pohon cemara)
  • Memegang dan menggunakannya harus disesuaikan dengan jenis dan kebutuhan
  • Memegang mike sebaiknya dibawah tombol on/off

CONTOH :

A. Acara : Peringatan ulang tahun sebuah institusi pemerintah/swasta

Pada acara ini terdapat dua macam teknik vokal.
Pertama, ketika acara masih dalam suasana resmi, intonasi dan karakter suara masih terkesan formal, namun yang kedua berubah menjadi lebih dinamis dan atraktif

(Acara Formal)

"Assalamu'alaikum Wr. Wb.
 Selamat malam dan sejahtera
Yang terhormat, Gubernur ... dan Ibu ....
Yang kami hormati, Kepala ... (nama institusi), para kepala ... (cabang) dan undangan yang berbahagia"

"Pertama-tama, kami ucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak-bapak dan Ibu-ibu pada acara malam gembira dalam rangka memperingati hari ulang tahun .... malam ini
Baiklah dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan YME, acara malam gembira ulang tahun  ... yang ke- ... malam ini akan dimulai
Acara selanjutnya, laporan ketua panitia Bp. M. Jaelani kami persilahkan

Hadirin yang kami hormati, berikt ini sambutan Kepala ... Bapak ..., kami persilahkan"


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar